Cara Mudah Bersihkan Cache Di PC | Auto Ngebut

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada bertemu lagi bersama mimin yang akan memberikan berbagai informasi mengenai dunia teknologi. dalam artikel kali ini mimin akan sedikit mengulas habis bagaimana cara untuk membersihkan cache di pc.

Seperti yang sudah mimin bahas pada artikel sebelumnya, jika cache merupakan sebuah sistem yang akan mempercepat aplikasi untuk mengolah berbagai data dan pula memproses kerja aplikasi menjadi lebih cepat. akan tetapi efek jika cache pada perangkat kamu terus menumpuk adalah beberapa bagian memori akan terkuras oleh data data cache tersebut.

Sebagai alternatifnya, kamu kudu sering untuk bersihkan data cache, yang menurut sobat data ini pula data yang sangat penting meski gak mempunyai dampak secara langsung bagi pengguna. Sebagai konsekwensinya, seseorang kudu sedikit bersabar untuk menjalankan aplikasi sebab aplikasi kudu membikin data baru untuk jalankan setiap proses komputasinya.

Cache, yang notabene merupakan sebuah data sementara yang bisa diakses kembali oleh aplikasi saat jalankan proses yang sama, bisa sangat berguna untuk sebagian orang saat menjalankan sebuah aplikasi. Misalnya yang paling kentara adalah aplikasi cache yang dipakai pada browser yang sering kita pakai.

Saat browser kamu kunjungi laman situs untuk pertama kali, browser akan menyimpan data-data dari laman tersebut. Dan pada saat situs itu mengunjungi situs yang sama untuk kedua kali, browser akan cenderung memilih memakai data yang telah disimpan sebelumnya dari pada mengunduh ulang data-datanya.

Akan tetapi, sebagai gantinya, beberapa persen kapasitas memori internal akan terisi dengan data-data sampah tersebut. Untuk pengguna dengan perangkat yang memiliki terbatas, ini akan bikin memori ponsel penuh, dan merelakan untuk menghapusnya. Namun bila mempunyai perangkat dengan memori yang cukup lega, mimin sih lebih menyarankan untuk tidak menghapus data-data cache ini.

Cara Menghapus Cache di Laptop Windows 10 tanpa Menginstal Aplikasi

Secara default, sistem operasi Windows 10 mempunyai sebuah pengaturan yang dapat dipakai untuk menghapus data-data sementara seperti yang disebutkan di atas. berikut ini cara menghapus cache tanpa memakai aplikasi tambahan di Windows 10:

Menghapus Cache Tanpa Aplikasi Tambahan

Buka Setting (kamu bisa membuka Setting dengan menekan tombol Windows lalu pilih ikon gigi/ikon yang biasa digunakan untuk ikon pengaturan, atau dengan tekan tombol Windows bersamaan dengan menekan tombol I di keyboard)

  • Pilih menu System, lalu kamu pilih menu Storage, dan pilih partisi This PC (C)

Cari dan klik pada Temporary Files, centang Temporary Files untuk menghapus cache, akan tetapi bila mau mengosongkan folder Download maka Anda dapat mencentang Download Folder, dan bila mau mengosongkan Recycle Bin maka kamu bisa untuk mencentang juga Empty Recycle Bin

  • Klik Remove Files

Cara Menghapus Cache di Laptop Windows 10 Secara Otomatis

Bila kamu enggak mau melakukannya secara manual, Windows 10 pula mempunyai sebuah pengaturan untuk menghapus data sampah secara otomatis. Fitur tersebut disebut dengan Storage Sense. Kamu bisa untuk aktifkan pada bagian Storage seperti saat Anda akan menghapusnya. Berikut cara menggunakannya:

  • Menghapus Cache secara Otomatis di Windows 10
  • Buka menu Storage di Setting seperti yang dijelaskan sebelumnya
  • Cari opsi Storage sense, dan geser slider ke mode on
  • Klik Change how we free up space
  • Kemudian pilih data temporary apa saja yang akan dihapus secara otomatis dengan mencentangnya

Cara-cara di atas adalah cara mudah menghapus cache tanpa memakai aplikasi tambahan di Windows 10. Akan tetapi, bila kamu kebingungan untuk menggunakan cara tersebut, kamu bisa menginstal CCleaner dari Piriform untuk menghapus cache di komputer atau laptop Windows 10 kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *